GURU PENGGERAK

GURU PENGGERAK
Mari berkolaborasi Wujudkan Merdeka Belajar

Profil ku

Foto saya
Saya Rahmatiah, lahir di Kandeapi kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Saat ini saya tinggal di daerah Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Sulawesi Barat. Saya berprofesi sebagai seorang Guru Kelas SD di tempat tinggal saya lebih tepatnya di SDN No. 11 Inpres Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene.

Entri yang Diunggulkan

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3

 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ket...

Cari Blog Ini

Postingan Populer

» »Unlabelled » REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3

                                                   REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

1.  Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Banyak Hal menarik yang saya rasakan setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bahwa sejatinya semua program yang dijalankan oleh sekolah adalah bertujuan untuk menumbuhkan kepemimpinan murid. Akan tetapi terkadang kita sebagai guru belum menyadari itu sepenuhnya sehingga lingkungan yang tercipta dalam program sekolah selama ini belum memberikan promosi suara, pilihan dan kepemilikan secara utuh. Secara tidak langsung kita telah menerapkan dalam berbagai kegiatan yang kita lakukan disekolah hanya saja kita belum mengetahuinya secara teori namun hakikatnya secara praktek sudah sangat sering kita lakukan.

 

2.  Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Saya merasakan adanya sebuah kekuatan kolaborasi yang sangat luar biasa yang mengakibatkan adanya suatu kekuatan dan kesempatan untuk merancang program-program yang belum terfikirkan sebelumnya. Saya merasakan takjub akan hal tersebut. Ide-ide kreatif dalam bentuk program yang disampaikan oleh rekan-rekan CGP meyakinkan saya bahwa sebuah kolaborasi sangat penting dalam menciptakan kepemimpinan pada diri siswa. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler mengajarkan dan melatih murid untuk menjadi yang lebih baik. Dalam kegiatan tersebut murid dapat menggali potensinya

 

3.  Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Perubahan yang akan saya lakukan adalah dalam hal penerapan program intrakurikuler, kokurikuler serta ekstrakurikuler yang selama ini saya bidangi, agar lebih memberikan ruang promosi suara, pilihan dan kepemilikan sehingga akan menciptakan lingkungan yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Selain itu saya akan mencoba mewujudkan program yang telah kami rancang dalam ruang kolaborasi.

 

4.  Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menjadi tantangan tentunya adalah bagaimana memahami tentang cara-cara atau strategi-strategi kongkrit dalam menciptakan 7 karakteristik lingkungan yang menciptakan kepemimpinan murid. Secara teoritis hal tersebut sangat mudah untuk dibayangkan namun secara kongkrit hal tersebut akan menjadi sebuah tantangan.

 

5.  Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Sumber dukungan utama yang saya miliki  dalam menyusun program yang berdampak pada murid adalah rekan CGP yang ada di sekolah saya yang kebetulan ada pada angkatan yang sama. Dengan keberadaan beliau yang memiliki visi dan misi yang sama tentunya dapat memberikan penguatan dalam program nantinya. Selain itu, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan utamanya adalah siswa adalah dukungan utama pula yang akan berimbas pada berjalannya program yang dirancang. Dukungan 7 modal sekolah sebagai aset juga adalah suatu dukungan yang tak terlepas dalam perencanaan dan penerapan program-program tersebut nantinya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply